7 Cara Menggunakan Mendeley untuk Membuat Bibliografi

Mendeley adalah perangkat lunak pengelolaan referensi akademis yang populer dan banyak digunakan oleh peneliti, akademisi, dan mahasiswa.

Aplikasi ini membantu mengatur dan mengelola referensi ilmiah, termasuk artikel jurnal, buku, tesis, dan banyak lagi, sehingga memudahkan pengguna dalam membuat bibliografi yang terorganisir dan rapi.

Panduan Cara Menggunakan Mendeley

Berikut adalah panduan cara menggunakan Mendeley untuk membuat bibliografi.


1. Daftar dan unduh Mendeley

Untuk mulai menggunakan Mendeley, pertama-tama Anda harus mendaftar dan mengunduh aplikasi ini. Mendeley tersedia untuk Windows, Mac, dan juga versi web.

Anda dapat mengunduh Mendeley melalui situs web resmi Mendeley. Setelah mengunduh, buka aplikasi dan masuk menggunakan akun Anda.


2. Impor Referensi

Setelah masuk ke akun Mendeley, Anda dapat mulai mengimpor referensi yang akan Anda gunakan.

Ada beberapa cara untuk mengimpor referensi, seperti mengimpor file PDF, mengimpor referensi dari situs web, dan mengimpor referensi dari database ilmiah seperti PubMed atau Google Scholar.


3. Organisasi Referensi

Setelah mengimpor referensi, Anda dapat mulai mengelola dan mengorganisasi referensi Anda.

Anda dapat membuat folder untuk mengatur referensi berdasarkan topik atau subjek yang berbeda.

Anda juga dapat menambahkan label atau tag pada referensi untuk memudahkan dalam pencarian referensi di kemudian hari.


4. Buat Bibliografi

Untuk membuat bibliografi, pilih opsi “Bibliografi” pada menu utama Mendeley, pilih gaya yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti APA, MLA, atau Chicago.

Anda dapat memilih untuk menambahkan referensi satu per satu atau menambahkan semua referensi yang ada di folder tertentu.

Setelah referensi dipilih, klik tombol “Buat Bibliografi” dan bibliografi akan dibuat dan bisa disimpan atau di-copy-paste ke dokumen Anda.


5. Sinkronisasi Bibliografi

Mendeley juga memiliki fitur sinkronisasi yang memungkinkan Anda menyinkronkan bibliografinya dengan perangkat lain yang menggunakan Mendeley.

Ini memudahkan Anda untuk mengakses dan memperbarui bibliografinya dari berbagai perangkat yang Anda miliki.

Anda hanya perlu masuk dengan akun Mendeley yang sama pada perangkat lain, dan bibliografinya akan tersinkronisasi secara otomatis.


6. Gunakan Fitur Tambahan

Mendeley memiliki banyak fitur tambahan yang membantu dalam pengelolaan referensi ilmiah.

Fitur ini termasuk pencarian referensi, pengelolaan catatan, dan pembuatan kutipan. Anda dapat mengakses dan menggunakan fitur ini dengan mudah melalui menu utama Mendeley.


7. Bagikan Bibliografi dengan Tim Anda

Mendeley memungkinkan Anda untuk membagikan bibliografi Anda dengan tim Anda melalui berbagai cara.

Anda dapat mengundang orang lain untuk melihat dan mengedit bibliografi Anda, atau membagikannya melalui tautan publik.

Ini sangat berguna jika Anda sedang bekerja pada proyek bersama dengan tim dan membutuhkan akses ke referensi yang sama.


Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, Mendeley adalah aplikasi yang sangat berguna bagi peneliti, akademisi, dan mahasiswa untuk mengelola dan membuat bibliografi dengan mudah.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang memudahkan dalam pengelolaan referensi, termasuk pembuatan bibliografi dalam gaya yang berbeda-beda, sinkronisasi bibliografi dengan perangkat lain, dan banyak lagi.

Jika Anda ingin membuat bibliografi dengan cepat dan efisien, Mendeley adalah pilihan yang tepat

Tinggalkan komentar